PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG
Daftar Isi:
- Kompetensi profesional guru adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki guru dalam pembelajaran, terutama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan pada penelitian ini kompetensi profesional guru telah tergolong baik, namun motivasi belajar siswa masih belum maksimal, terindikasi dengan masih ada siswa yang meniru jawaban temannya dalam mengerjakan tugas, masih ada siswa yang tidak mau mencatat disaat guru memberikan catatan, masih ada siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran. Berdasarkan kondisi diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru, motivasi belajar siswa serta ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional guru dan motivasi belajar siswa. Populasi pada penelitian yakni seluruh siswa kelas X dan kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang yang berjumlah 400 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling pertimbangan (Purposive Sampling), peneliti mengambil sampel sebesar 20% dengan jumlah siswa/i sebanyak 80 orang. Pengumpulan data tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi koefisien kontingensi. C= Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan mengenai pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang, maka didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan angka koefisien kontingensi sebesar 0,389 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,232) maupun pada taraf signifikan 1% (0,302). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,232 < 0,389 > 0,302. Dengan demikian berarti Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0(hipotesa nihil) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Artinya semakin baik kompetensi profesional guru maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.