Analisis User Experience dan Usability Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Usability Testing
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi telah menyebar dengan pesat sehingga berdampak pada sistem pembelajaran beberapa sekolah di Indonesia, seperti di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru yang telah menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu penggunaan iPad yang tujuannya menggantikan buku sebagai alat bantu pembelajaran, penerapan sistem ini juga sebagai sarana untuk adaptasi pada masa transisi era digital. Dilakukannya analisis user experience dan usability dengan penyebaran kuesioner USE kepada seluruh siswa sehingga terlihat bahwa variabel usefulness, ease of use dan ease of learning dengan uji simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel satisfaction. Tetapi dalam uji parsial, hanya variabel ease of learning yang tidak signifikan terhadap variabel satisfaction. Pengukuran usability menunjukkan bahwa nilai kelayakan sebesar 77,13% yang berarti usability sistem pembelajaran berbasis teknologi memiliki nilai layak. Dalam penelitian ini dilakukan pemberian rekomendasi terhadap beberapa permasalahan yang perlu untuk diperbaiki berdasarkan dari pengalaman pengguna (User Experience) dan usability. Kata kunci: User experience, usability, Kuesioner USE, iPad