Daftar Isi:
  • PT. Andesta Mandiri Indonesia (PT. AMI) adalah salah satu perusahaan outsourching yang bergerak di bidang penyalur tenaga kerja. Dalam proses pengelolaan, permintaan dan stok barang sudah terkomputerisasi, tetapi hanya sebatas menggunakan Microsoft Excel. Masalah yang sering dialami yaitu, proses permintaan material dalam satu kali pemesanan mencapai 1.186 jumlah material dari 66 jenis material, dimana proses pemesanan masih berupa informasi yang di salurkan melalui komunikasi dari client ke perusahaan dan proses peng-input-an barang masih berjalan secara manual. Perancangan system inventory management dengan pendekatan enterprise resource planning system merupakan solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi pada PT. AMI. Dengan menggunakan modul inventory management untuk penggelolaan data barang dan order management sebagai medul pemesanan barang. Perancangan sistem ini menggunakan metode waterfall dan PIECES sebagai metode analisa sistem yang sedang berjalan. Dari penelitian disimpulan bahwa system inventory management dan order management dapat meningkatkan proses kinerja perusahaan pada PT. AMI. Kata Kunci: enterprise resource plannig, inventory management, order management, outsourching