PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT)TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA YLPI PEKANBARU

Main Author: NUNUNG NOVIANTI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2095/1/2013_2013321PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2095/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan keaktifan belajar matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak dua kelas dari jumlah kelas X SMA YLPI Pekanbaru yang berjumlah 60 orang yang dipilih secara acak dan masing-masing dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi,tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keaktifan belajar matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional.