Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu strategi pembelajaran information search (variabel bebas/independen/variabel X) dan hasil belajar siswa (variabel terikat/dependen/variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran information search terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa strategi pembelajaran information search terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dengan perolehan angka indeks 0.735 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% = 0.217 maupun pada taraf signifikan 1% = 0.283. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh signifikan antara pengaruh strategi pembelajaran information search terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Artinya semakin baik pengaruh strategi pembelajaran information search maka semakin baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dan sebaliknya. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Information Search, Hasil Belajar