Daftar Isi:
  • Belajar matematika adalah suatu proses belajar yang dibangun untukmengembangkan kreativitas berpikir siswa yang dapat meningkatkan kemampuanberpikir siswa.Oleh sebab itu, matematika sebagai ilmu dasar harus dikuasaidansiswadiharapkan mampu untuk mencapai prestasi belajar matematika yang baik.Dukungan sosial orang tua dankepercayaan diri merupakan faktoryangmempengaruhiprestasi belajarmatematika siswa.Penelitian inibertujuanuntukmengetahui1)hubungan dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri denganprestasi belajar matematika siswa,2) hubungan dukungan sosial orang tua denganprestasibelajar matematika siswa,3) hubungan kepercayaan diri dengan prestasibelajar matematika siswa.Subjek penelitianberjumlah 105siswa kelas VIII dan IXSMPN 11 Mandau yang ditentukan dengan teknikcluster random sampling. Datadikumpulkan melalui skaladan dokumentasi.Data dianalisismenggunakan analisapearson correlationdanmultiple regresi. Berdasarkan analisis data, diperoleh : 1)terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dankepercayaan diri dengan prestasi belajar matematika siswa. Hasil uji regresimenunjukkannilaiF sebesar 34.510p= 0,000secara bersama-sama memilikikontribusi sebesar 39,2%, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungansosial orang tua dengan prestasi belajar matematika dengan nilair = 0,633 danp=0,000. Dengan sumbangsih40,1%, 3) terdapat hubungan yang signifikan antarakepercayaan diri dengan prestasi belajar matematikadengan nilair = 0,206dan p=0,017. Dengan sumbangsih4,3%.Kata kunci: dukungan sosial,kepercayaan diri, prestasi belajar matematika