PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 SIAK KECAMATAN TUALANG

Main Author: WENTI FEBRIANA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2092/1/2012_2012196.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2092/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT mempengaruhi hasil belajar matematika siswa?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 4 Siak yang berjumlah 78 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus test-t untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa, pengaruh tersebut dilihat dari adanya perbedaan hasil belajar akibat perlakuan yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, pengaruh ini dilihat dari adanya perbedaan hasil belajar akibat perlakuan yang dilakukan.