Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik relaksasi dalam layanan konseling individual untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian. Subjek penelitian siswa kelas VIII.1 dan VIII.2. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre eksperimen design. Objek penelitian ini adalah penerapan teknik relaksasi dalam layanan konseling inividual untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabelitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk mengetahui dapat diterapkannya teknik relaksasi dalam layanan konseling individual untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian digunakan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata skor kecemasan siswa menghadapi ujian sebelum diberi perlakuan (pre-test) adalah 105.2 dan setelah diberikan perlakuan (post-test) adalah 61.6. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh angka probabilitas Asymp. Sig. (2tailed) 0.043 < 0.05, yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik relaksasi dalam layanan konseling individual dapat diterapkan untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian. Kata kunci : Penerapan, Kecemasan menghadapi ujian, Relaksasi, Konseling individual