PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BATANG PERANAP
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari variabel Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (X), dan variabel Mutu pendidikan (Y). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat korelasi Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, tingkat Mutu Pendidikan, dan mengetahui pengaruh positif yang signifikan antara Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Yang berjumlah 32 orang, karena jumlahnya 32 orang maka seluruh populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil dan analisis data variabel X dan variabel Y ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0.3494) dan 1% (0,2960) yang dibuktikan dari hasil yang dinyatakan nilai r hitung (0,750). Sedangkan hasil pada data koefisien regresi linier diperoleh r (pearson correlation) 0,750 dengan probabilitas 0,000 oleh karena pobabilitas lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, artinya Ha diterima yaitu ada pengaruh yang positif yang signifikan antara Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh nilai r (square) yaitu 0,563 maka diperoleh hasil 56% artinya sumbangan variabel pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap sebesar 56% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Karena koefisien korelasinya positif maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah, maka baik pula Mutu Pendidikan. Atau Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah berkontribusi terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan sebesar 56% di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap. Kata Kunci: Pengaruh, Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan