Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat baca siswa pada buku kimia dan rendahnya literasi sains peserta didik di Indonesia. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba buku saku berbasis literasi sains pada materi asam basa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan menggunakan prosedur desain Borg & Gall yang dilakukan di SMAN 02 Bangkinang Kota. Subjek dari penelitian ini adalah ahli desain media, ahli materi pembelajaran, praktikalitas oleh guru kimia dan peserta didik di SMAN 02 Bangkinang Kota. Objek penelitian ini adalah buku saku berbasis literasi sains pada materi asam basa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah berupa studi pustaka, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa data angket validitas dan angket respon. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Buku saku yang dihasilkan telah teruji sangat valid dengan persentase 83,60% dari ahli media dan ahli materi, penilaian kepraktisan sebanyak 91,07% dari guru kimia dan mendapat respon yang baik dari peserta didik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis literasi sains pada materi asam basa sudah valid dan baik sehingga dapat dilakukan uji coba selanjutnya. Kata Kunci: Buku Saku Kimia, Literasi Sains, Asam Basa.