PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Ada tidaknya interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan koneksi matematis, dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CTL dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Koneksi Matematis, Motivasi Belajar