PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs di Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga dengan siswa yang belajar tidak menggunakan metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII Fatimah seabagai kelas Eksperimen dan kelas VIII Aisyah sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lemba robservasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan tes âtâ menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang signifikan antara metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga dengan tanpa metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga. Diperoleh nilai thitung sebesar 2,8546 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,005 maka thitung > ttabel atau 2,8546 > 2,005. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika