STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA ZAKAT IZI RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM-PROGRAMNYA
Main Author: | lilis suryani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/20892/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20LILIS.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20892/8/SKRIPSI%20LENGKAP%20LILIS%20SURYANI%20bab%205.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/20892/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nama : Lilis Suryani Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Lembaga Zakat IZI Riau Dalam Mensosialisasikan Program-Programnya Keberadaan Lembaga Zakat IZI Riau di Pekanbaru, belum diketahui masyarakat secara luas, untuk itu diperlukan adanya strategi komunikasi untuk mensosialisasikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Lembaga IZI Riau dalam mensosialisasikan program-programnya kepada masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Zakat IZI Riau sudah menerapkan strategi komunikasi dalam mensosialisasikan program-programnya, namun dari hasil observasi masih terdapat kekurangan pada langkah-langkah strategi komunikasi tersebut. Langkah pertama adalah mengenal khalayak, dalam mengenal khalayak IZI sudah cukup optimal dengan membagi khalayak menjadi 3 kelompok yaitu perkantoran, masjid, dan masyarakat umum. Langkah kedua adalah menyusun pesan, dalam menyusun pesan IZI menyesuaikan dengan kebutuhan komunikan. Dan pesan-pesan yang disampaikan berbentuk informasi zakat, infaq, dan shadaqah, informasi program-program dan kegiatan IZI, dan pesan pengingat untuk membayarkan zakat ke IZI. Langkah ketiga adalah menetapkan metode, metode yang digunakan ada dua, pertama metode redudancy yaitu mempengaruhi khalayak dengan mengulang-ulang pesan yang disampaikan IZI kepada khalayak. Kedua metode canalizing yaitu dengan mempengaruhi khalayak menerima pesan dari IZI, sehingga secara perlahan merubah sikap dan pola pemikiran khalayak tentang IZI. Dan langkah yang keempat adalah seleksi dan pemilihan media, media yang digunakan oleh IZI untuk mensosialisasikan program-programnya masih sangat terbatas, hanya pada media sosial seperti: facebook, instagram, website, Whatsapp, dan aplikasi Zakatpedia. Kata Kunci : Strategi komunikasi, Mensosialisasikan program-programnya