Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI sains Madrasah Aliyah yang belajar menggunakan strategi pembelajaran generatif dengan metode mind mapping dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran generatif dengan metode mind mapping dengan siswa metode konvensional. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan deasain yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sains MA Darul Hikmah Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif dengan metode mind mapping dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Berdasarkan hasil, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran generatif dengan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci : Generatif, mind Mapping, Pemahaman Konsep