PENGARUH PENERAPANMODELPEMBELAJARANKOOPERATIF TIPETHINK PAIR SHAREDENGAN PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING ANDLEARNINGTERHADAPPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTsN KUNTU KECAMATANKAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | GUSRIZAL, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2088/1/2013_2013313PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2088/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTsN Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTsN Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar? Berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTsN Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar yang berjumlah 162 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII.a yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII.b yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari rata-rata ketuntasan hasil belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning sebesar 69,5 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 55 dan besarnya pengaruh dari penelitian ini yaitu 28,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa MTsN Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar.