Daftar Isi:
  • Perilaku konsumtif adalah kecenderungan mengkonsumsi barang secara berlebihan dan tanpa berbagai pertimbangan. Mahasiswi berprilaku konsumtif karena pada masa perkembangannya memasuki periode baru dalam penyesuaian diri dan lebih memperhatikan penampilannya. Salah satu unsur penting yang menentukan perilaku konsumtif mahasiswi dalam berbelanja online shopping adalah konsep diri dan kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap (online shopping) pada mahasiswi UIN SUSKA Riau. Subjek dalam penelitian berjumlah 193 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala konsep diri, kontrol diri dan perilaku konsumtif. Koefisien reliabilitas skala perilaku konsumtif (x) sebesar 0.837, koefisien reliabilitas skala konsep diri (∝) sebesar 0.912 dan koefisien reliabilitas skala kontrol diri (∝) sebesar 0.870. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan nilai F= 15.613 dengan nilai signifikan probabilitas (p) = 0,000 (p < 0,01) hal tersebut berarti hipotesis diterima bahwa ada hubungan antara konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif online shopping pada mahasiswi UIN Suska Riau. dengan jumlah R = 0,376 yang berarti bahwa perilaku konsumtif di pengaruhi oleh konsep diri dan kontrol diri.Dari hasil analisis tambahan diketahui bahwa faktor internal konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif memiliki hubungan yang negatif. Artinya semakin tinggi konsep diri dan kontrol diri pada mahasiswi maka semakin rendah perilaku konsumtif (online shopping) dan sebaliknya semakin rendah konsep diri dan kontrol diri pada mahasiswi maka perilaku konsumtif terhadap (online shopping) semakin tinggi. Kata Kunci : Konsep Diri, Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif