HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMPN 7 BUKITTINGGI
Daftar Isi:
- Konsep diri adalah bagaimana cara seseorang mengenal, memahami dirinya atau kesadaran akan pandangan, pendapat, penilaian dan sikap seseorang terhadap dirinya atau bagaimana kita merasa tentang diri sendiri dan menginginkan diri menjadi manusia yang sebagaimana diharapkan. Siswa diharapkan memiliki konsep diri yang positif sehingga mampu memahami keadaan diri sendiri serta nilai norma dalam masyarakat. Selain itu siswa diharapkan memiliki perilaku prososial yang tinggi untuk mensejahterakan orang lain dan mengurangi beban dalam kesulitan. Hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti bahwa sebagian siswa mengatakan terkadang mereka memberikan pertolongan kepada teman dan juga siswa telah diajarkan dari kecil oleh budaya dan orang tua untuk melakukan perilaku prososial. Namun belum semua siswa yang menerapkan apa yang diajarkan oleh budayanya terutama di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku prososial pada siswa SMP N 7 Bukittinggi. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 236 siswa. Subjek diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala konsep diri dan skala perilaku prososial. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,549 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,001). Artinya, terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan perilaku prososial pada siswa SMP N 7 Bukittinggi. Oleh karena itu siswa diharapkan mampu mempertahankan perilaku prososial serta meningkatkan konsep diri yang positif. Kata kunci : Konsep Diri, Perilaku Prososial