Daftar Isi:
  • Customer Service berperan sebagai Customer Relations yang berperan penting sebagai penghubung antara perusahaan dengan konsumen, memberikan pelayanan kepada pelanggan terutama pada pelayanan komunikasi. PT. PLN berusaha mengupayakan pelayanan yang dilakukan. Jika layanan jasa yang diterima melampaui harapan pelanggan, maka kualitas jasa dipersepsikan sebagai kualitas yang ideal (unggul). PT PLN menunjukkan integritas sebagai perusahaan yang melayani publik dan memenuhi harapan publik dengan adanya pelayanan oleh Customer Service. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar Pengaruh Komunikasi Customer Service PT. PLN (Persero Rayon Tampan) terhadap peningkatan kepuasan pelanggan di Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan Pekanbaru. Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dan menggunakan metode survei lapangan (kuesioner/angket) untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang mewakili populasi tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Tampan Pekanbaru, berdasarkan data yang diperoleh tahun 2016 jumlah Kepala Keluarga Kelurahan Simpang Baru sebesar 1.939. Sampel yang diperoleh melalui teknik Cluster Sampling diperoleh 95 sampel/ responden. Customer Service adalah kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan nasabah/pelanggan melalui pelayanan yang diberikan. Pelayanan Customer Service mencakup keandalan, cepat tanggap, jaminan, empati dan berwujud. Berdasarkan atas kuesioner yang disebarkan oleh peneliti Pelayanan Customer Service PT. PLN (Persero Rayon Tampan) terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan di Kelurahan Simpang Baru, Tampan Pekanbaru di dapatkan hasil koefisien determinasi sebesar 0, 159. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (pengaruh Customer Service) mampu menjelaskan sebesar 15,9 % variabel dependen (kepuasan pelanggan). Keywords : Customer Service, Pelayanan, Kepuasan Pelangan.