Daftar Isi:
  • Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan formal, karena itu guru sering dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identifikasi diri bagi para siswa. Di sekolah guru sangat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran, selain unsur siswa dan fasilitas lainnya. Salah satu penentu dalam keberhasilan perkembangan adalah program peningkatan mutu pendidikan oleh sekolah dan madrasah. Kinerja guru juga dipengaruhi oleh konsep diri akademik guru. Konsep diri akademik merupakan faktor internal yang memberi kekuatan dasar atau memberi tenaga dan mengarahkan prilaku individu yang meliputi kepercayaan individu terhadap dirinya sendiri, melihat citra diri dan harga dirinya serta tanggapan dari orang lain dalam hubungan dengan kemampuan dan prestasinya dalam akademik, belajar di sekolah, mengerjakan tugas-tugas sekolah, serta tanggapan atas prestasi yang dicaapainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Program Peningkatan Mutu Sekolah Dan Madrasah Di Kabupaten Kampar” Rumusan Masalah yang diajukan adalah : 1) pengaruh implementasi program peningkatan mutu sekolah terhadap kinerja guru Di MTs Negeri se-Kabupaten Kampar? 2) Apakah ada pengaruh implementasi program peningkatan mutu madrasah terhadap kinerja guru Di MTs Negeri se-Kabupaten Kampar? 3) Apakah ada pengaruh implementasi program peningkatan mutu sekolah dan madrasah terhadap kinerja guru Di MTs Negeri se-Kabupaten Kampar? Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengaruh implementasi program peningkatan mutu sekolah terhadap kinerja guru Di MTs Negeri seKabupaten Kampar. A nalisis statistik dengan menggunakan perhitungan koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi, uji t dan juga menggunakan aplikasi SPSS 21.0 for windows untuk memperkuat perhitungan secara manual. Setelah data dianalisis, maka disimpulkan: 1) pengaruh implementasi program peningkatan mutu sekolah terhadap kinerja guru Di MTs Negeri seKabupaten Kampar adalah sedang dengan presentase sebesar 63,83% ada pengaruh yang signifikan antara kinerja pengawas madrasah terhadap pembinaan kompetensi paedagogik guru dengan pengaruh sebesar 0,489.