ctrlnum 20779
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/</relation><title>Kompetensi Pendidik Al-Qur&#x2019;an (Kajian Peraturan&#xD; Menteri Agama No. 13/2014 Pasal 50 Ayat 5 Tentang&#xD; Pendidik Al-Qur&#x2019;an dan Implikasinya Terhadap&#xD; Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur&#x2019;an di Indonesia)</title><creator>Bisri Mustofa, </creator><subject>200 Agama</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa, sebagai bangsa berpenduduk mayoritas &#xD; Muslim terbesar di dunia, Indonesia sejak lama memiliki problem tingginya buta&#xD; aksara Al-Qur&#x2019;an. Berbagai upaya telah dilakukan namun dianggap belum signifikan,&#xD; asumsi awal mengatakan kompetensi pendidik Al-Qur&#x2019;an dan perannya masih sangat&#xD; rendah, sehingga berdampak sistemik. Penelitian pustaka metode content analisis,&#xD; dengan analisis induktif ini dilakukan sebagai upaya untuk mencari solusi&#xD; komprehensif dari sumber yang relevan untuk menjawab tiga rumusan masalah yaitu,&#xD; 1) Bagaimana formulasi kompetensi pendidik Al-Qur&#x2019;an dalam Peraturan Menteri&#xD; Agama No. 13/2014 Pasal 50 Ayat 5?; 2) Bagaimana kompetensi pendidik yang&#xD; relevan dalam pengajaran membaca Al-Qur&#x2019;an?; 3) Apa peran dan implikasi pendidik&#xD; Al-Qur&#x2019;an yang kompeten bagi pemberantasan buta aksara Al-Qur&#x2019;an?. Hasil&#xD; penelitian menunjukkan bahwa; 1) Formulasi kompetensi pendidik Al-Qur&#x2019;an menurut&#xD; Peraturan Menteri Agama No. 13/2014 pasal 50 ayat 5, belum memadai dan&#xD; memerlukan penjabaran komprehensif, 2) Kompetensi pendidik Al-Qur&#x2019;an yang&#xD; relevan yaitu; pendidik yang sesuai dengan rukun Al-Qur&#x2019;an dan wajib memiliki&#xD; kompetensi terstandarisasi pendidik Al-Qur&#x2019;an diantaranya; kompetensi pedagogik&#xD; (pengajaran), kepribadian (akhlak mulia), sosial (kemasyarakatan), profesional&#xD; (penguasaan bidang ilmu Al-Qur&#x2019;an), hal itu untuk menjamin kualitas bacaan AlQur&#x2019;an&#xD; &#xD; dan pendidikan Al-Qur&#x2019;an. Langkah-langkah/strategi baru untuk&#xD; mewujudkannya yaitu, intensifitas bimbingan dan pelatihan, penguasaan metode/tehnik&#xD; pengajaran, berkarakteristik akhlak mulia, memudahkan dan menyenangkan,&#xD; standarisasi kurikulum membaca Al-Qur&#x2019;an, &#xD; standarisasi pendidik, &#xD; kewirausahaan/entrepreneur dan sebagainya secara terintegrasi dan anggaran yang&#xD; memadai, baik pada pendidikan formal, informal dan non formal 3) Peran dan&#xD; implikasinya, bahwa pendidik Al-Qur&#x2019;an wajib terstandarisasi, dan implikasi yang&#xD; diharapkan siswa dapat membaca Al-Qur&#x2019;an dengan baik dan benar (tartil) dan buta&#xD; aksara Al-Qur&#x2019;an dapat tertanggulangi, lembaga pendidikan Al-Qur&#x2019;an menjadi&#xD; berkualitas dan berintegritas, berkontribusi bagi tercapainya tujuan pendidikan&#xD; nasional. &#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci: Kompetensi, Pendidik Al-Qur&#x2019;an, Buta Aksara Al-Qur&#x2019;an</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/1/1.%20201810DPAI_-%20SAMPUL%20DISERTASI%20NO%20foto.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/2/2.%20201810DPAI_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/3/3.%20201810DPAI_KATA%20PENGANTAR%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/4/4.%20201810DPAI_DAFTAR%20ISI%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/5/5.%20201810DPAI_ABSTRAK%203%20BAHASA%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/6/6.%20201810DPAI_BAB%20I%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/7/7.%20201810DPAI_BAB%20II%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/8/8.%20201810DPAI_BAB%20III%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/9/9.%20201810DPAI_BAB%20IV%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/10/10.%20201810DPAI_BAB%20V%20DISERTASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/20779/11/11-201810DPAI_%20DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20DISERTASI.pdf</identifier><identifier> Bisri Mustofa, (2018) Kompetensi Pendidik Al-Qur&#x2019;an (Kajian Peraturan Menteri Agama No. 13/2014 Pasal 50 Ayat 5 Tentang Pendidik Al-Qur&#x2019;an dan Implikasinya Terhadap Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur&#x2019;an di Indonesia). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>20779</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Bisri Mustofa,
title Kompetensi Pendidik Al-Qur’an (Kajian Peraturan Menteri Agama No. 13/2014 Pasal 50 Ayat 5 Tentang Pendidik Al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia)
publishDate 2018
topic 200 Agama
url http://repository.uin-suska.ac.id/20779/1/1.%20201810DPAI_-%20SAMPUL%20DISERTASI%20NO%20foto.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/2/2.%20201810DPAI_PENGESAHAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/3/3.%20201810DPAI_KATA%20PENGANTAR%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/4/4.%20201810DPAI_DAFTAR%20ISI%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/5/5.%20201810DPAI_ABSTRAK%203%20BAHASA%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/6/6.%20201810DPAI_BAB%20I%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/7/7.%20201810DPAI_BAB%20II%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/8/8.%20201810DPAI_BAB%20III%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/9/9.%20201810DPAI_BAB%20IV%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/10/10.%20201810DPAI_BAB%20V%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/11/11-201810DPAI_%20DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20DISERTASI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/20779/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa, sebagai bangsa berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia sejak lama memiliki problem tingginya buta aksara Al-Qur’an. Berbagai upaya telah dilakukan namun dianggap belum signifikan, asumsi awal mengatakan kompetensi pendidik Al-Qur’an dan perannya masih sangat rendah, sehingga berdampak sistemik. Penelitian pustaka metode content analisis, dengan analisis induktif ini dilakukan sebagai upaya untuk mencari solusi komprehensif dari sumber yang relevan untuk menjawab tiga rumusan masalah yaitu, 1) Bagaimana formulasi kompetensi pendidik Al-Qur’an dalam Peraturan Menteri Agama No. 13/2014 Pasal 50 Ayat 5?; 2) Bagaimana kompetensi pendidik yang relevan dalam pengajaran membaca Al-Qur’an?; 3) Apa peran dan implikasi pendidik Al-Qur’an yang kompeten bagi pemberantasan buta aksara Al-Qur’an?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Formulasi kompetensi pendidik Al-Qur’an menurut Peraturan Menteri Agama No. 13/2014 pasal 50 ayat 5, belum memadai dan memerlukan penjabaran komprehensif, 2) Kompetensi pendidik Al-Qur’an yang relevan yaitu; pendidik yang sesuai dengan rukun Al-Qur’an dan wajib memiliki kompetensi terstandarisasi pendidik Al-Qur’an diantaranya; kompetensi pedagogik (pengajaran), kepribadian (akhlak mulia), sosial (kemasyarakatan), profesional (penguasaan bidang ilmu Al-Qur’an), hal itu untuk menjamin kualitas bacaan AlQur’an dan pendidikan Al-Qur’an. Langkah-langkah/strategi baru untuk mewujudkannya yaitu, intensifitas bimbingan dan pelatihan, penguasaan metode/tehnik pengajaran, berkarakteristik akhlak mulia, memudahkan dan menyenangkan, standarisasi kurikulum membaca Al-Qur’an, standarisasi pendidik, kewirausahaan/entrepreneur dan sebagainya secara terintegrasi dan anggaran yang memadai, baik pada pendidikan formal, informal dan non formal 3) Peran dan implikasinya, bahwa pendidik Al-Qur’an wajib terstandarisasi, dan implikasi yang diharapkan siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar (tartil) dan buta aksara Al-Qur’an dapat tertanggulangi, lembaga pendidikan Al-Qur’an menjadi berkualitas dan berintegritas, berkontribusi bagi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Kata Kunci: Kompetensi, Pendidik Al-Qur’an, Buta Aksara Al-Qur’an
id IOS7815.20779
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-09-26T10:47:39Z
last_indexed 2019-10-15T18:22:50Z
recordtype dc
_version_ 1680927017071017984
score 17.538404