Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diketahui dari gejala-gejala proses pembelajaran yaitu masih ada sebagian siswa terlambat masuk kelas ketika pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa acuh tak acuh, kurang tepat waktu mengumpulkan tugas, sering keluar masuk, dan bermalas-malasan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “apakah ada pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Untuk popolasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rengat Barat kelas X yang berjumlah 120 orang siswa. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah diambil 30% atau 36 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Dari hasil analisis diperoleh f = 0,563> “r” tabel pada taraf signifikan 5% = 0,323 dan taraf signifikan 1% = 0,418. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Artinya, semakin baik tingkat komunikasi interpersonal guru maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Kata kunci : Komunikasi interpersonal dan Motivasi belajar siswa