PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI Al-QURAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU PEKANBARU
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah ini adalah pengaruh kemampuan membaca Al-Quran yang berpengaruh pada hasil belajar bidang studi Al-Quran Hadits. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) Kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru (2) Hasil belajar bidang studi Al-Quran Hadits siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru (3) Adanya pengaruh antara kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran dengan hasil belajar pada bidang studi Al-Quran Hadits siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa tes, pedoman wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul berdasarkan analisis dengan menggunakan statistik berupa korelasi product moment, dari seluruh perhitungan hasil ro= 0,88, rt taraf signifikansi 5%= 0,27 dan rt taraf signifikansi 1%= 0,35. Maka ro lebih besar dari pada rt taraf signifikansi 5% dan 1% karena ro yang diperoleh lebih besar yaitu =0,88 adalah jauh lebih besar dari pada rtabel, maka Hipotesa Nihil ditolak. Dari penelitian di atas ternyata kemampuan membaca Al-Quran memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bidang studi Al-Quran Hadits. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa kemampuan membaca Al-Quran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa terutama prestasi bidang studi Al-Quran Hadits. Semakin tinggi kemampuan membaca AlQuran anak, maka semakin tinggi pula hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits mereka.