PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI PEER LESSONS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | RISMARANI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2073/1/2012_2012163.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motivasi belajar matematika yang signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran aktif Strategi Peer Lessons dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VIII yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Untuk mendapatkan data di lapangan, penulis menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan angket. Tekhnik analisis data yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang cukup signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran aktif strategi peer lessons dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, penulis menngunakan test âtâ. Analisis data motivasi belajar menunjukkan perbadaan motivasi belajar matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari mean kedua kelas, pada kelas eksperimen diperoleh mean 77,3% sedangkan kelas kontrol diperoleh mean 68%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis percobaan, diperoleh kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang cukup signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran aktif strategi peer lessons dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.