Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir, bahwa gaya kepemimpinan kepala Madrasah sudah baik, namun profesionalisme guru masih rendah. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir? Bagaimana profesionalisme guru di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir? Dan apakah terdapat hubungan yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir?. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru di MTs Negeri se Kabupaten Indragiri Hilir, serta menganalisis apakah terdapat hubungan yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir. Untuk menganalisis rumusan masalah tersebut, maka teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini kuesioner (Angket). Sementara teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul, sementara analisis statistik inferensial dipakai untuk menguji hipotesis yang sudah dirumuskan sebelumnya. Setelah data dianalisis, maka hasil penelitian adalah; Pertama, Gaya Kepemimpinan Kepala MTs di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir, telah mencapai 74.55% dari yang diharapkan. Kedua, profesionalisme guru di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir, telah mencapai 75.56% dari yang diharapkan. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di MTs Negeri Kabupaten Indragiri Hilir, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%.