Daftar Isi:
  • Guru merupakan inti dari proses pendidikan karena sangat menentukan maju mundurnya suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu, kualitas guru harus selalu ditingkatkan dengan berbagai cara. Pihak yang paling berkomponen untuk meningkatkan kualitas guru adalah kepala sekolah karena ia terlibat langsung dengan guru dalam pelaksanaan proses pendidikan. Madrasah yang berada di bawah Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hilir melalui pengamatan menunjukkan kualitas yang cukup bagus dibandingkan sekolah-sekolah lainnya. Ini tentu tidak terlepas dari strategi kepala sekolah dalam membina guru-guru yang mengajarnya. Untuk mengetahui lebih detail, maka penulis mengadakan penelitian dengan judul: Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaiman Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se Indragiri Hilir DalamPeningkatan Kinerja Guru? 2) Apa saja Faktor yang mempengaruhi usaha kepala dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se Indragiri Hilir untuk meningkatkan kinerja guru yang dipimpinnya. Penelitian dilaksanakan dengan Metode Kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi, angket dan wawancara. Subjek penelitian utama adalah kepala sekolah dan guru-guru. Setelah data di analisi, maka diperoleh kesimpulan penelitian bahwa upaya yang dilakukan kepala Madrasah dalam meningkatan kinerja guru adalah: melakukan reeruitmen guru baru melalui seleksi sesuai standar keguruan, melakukan pembinaan guru baru secara terus menerus, melakukan pengawasan terhadap kinerja guru, memeriksa laporan pembelajaran guru, menerapkan prinsip reward and punishment. Kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se Indragiri Hilir berada pada kategori sedang, sedangkan faktor yang mempengaruhi usaha kepala madrasah dalam meningkatan kinerja guru adalah manajemen, sarana prasarana dan input siswa.