Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Mind MappingUntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIPondok Pesantren Islamic Centre Al- Hidayah Kampar

Main Author: Nurfazila,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2069/1/2012_2012158.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2069/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmotivasibelajarmatematikasis wakelas VIII3PondokPesantren Islamic Centre Al-HidayahKampar melaluipenerapan model pembelajaranProblem Based Learning denganpendekatanMind Mapping.Dalampenelitianinirumusanmasalahnyaadalah ”Bagaimanakahmotivasibelajarmatematikasiswakelas VIII3PondokPesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar melaluipenerapan model pembelajaranProblem Based Learning denganpendekatanMind Mapping, khususnyapadapokokpembahasanGarisSinggungLingkaran?”. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas, yaituberkolaborasiantara guru matapelajaranmatematikadenganpeneliti.Siswakelas VIII3PondokPesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar yang berjumlah 33 orang, dijadikanrespondendalampenelitianini. Pengambilan data dilakukandenganmenggunakanlembarobservasi.Penelitimengamatisetiapindikator .Setelahdiperoleh data motivasibelajarsiswasebelumdansesudahmenggunakantindakan, kemudianpenelitimenganalisis data tersebut.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisis statistic deskriptif. Analisisketuntasanberdasarkanindikatormotivasisebelumtindakan, diperolehhasilnyadengan rata-rata sebagaiberikut: indikator 1 = 1,90, indikator 2 = 1,57 indikator 3 = 2,21, indikator 4 = 1,93, indikator 5 = 1,63, indikator 6 = 1,57, indikator 7 = 1,51, indikator 8 = 1,73, indikator 9 = 1,79, indikator 10 = 1,93. Sedangkansetelahtindakandiperolehhasilsebagaiberikut : indikator 1 = 2,57, indikator 2 = 2,33, indikator 3 = 2,69, indikator 4 = 2,51indikator 5 = 2,54, indikator 6 = 2,38, indikator 7 = 2,27, indikator 8 = 3,00, indikator 9 = 2,39, indikator 10 = 2,48.Secaraklasikalindikatormotivasibelajarmatematikasiswasebelumtindakan 1,77, sedangkansetelahtindakan 2,51. Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapat di amatimotivasibelajarmatematikasiswameningkatsetiapsiklusnyadanmencapaimot ivasitinggipadasikluske III, RPP ke IVpadapembahasan “menghitungpanjangsabuklilitan minimal yang menghubungkanlingkaran”. Berdasarkanhasilpenelitiandarianalisistindakan, diperolehkesimpulanbahwadenganmenerapkanpembelajaranProblem Based Learning denganpendekatanMind Mappingdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Hal inidapat dilihatdarianalisislembarobservasimotivasibelajarsiswakelas VIII3setelahtindakan. Dari lembarobservasisecara individual dari 33 siswa,