Daftar Isi:
  • Pendidikan Luar Biasa merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental sosial, tetapi memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa. Dalam mengasah bakat istimewa yang berupa kreativitas, guru di sekolah luar biasa menggunakan beberapa model dalam berkomunikasi dengan murid agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model komunikasi antara oleh guru dan murid dalam membangun aspek kreativitas. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan validasi data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ialah dalam proses penyampaian pesan berupa pelajaran membangun aspek kreativitas, model komunikasi guru dan murid yang terjadi adalah model komunikasi iteraktif dan model komunikasi psikologis. Dengan penerapan model komunikasi yang tepat antara guru dan murid dalam membangun aspek kreativitas, telah memberi perubahan terhadap murid. Seperti menjadikan murid bisa mandiri, mampu bersosialisasi, serta meingkatkan prestasi murid dan menjadi lebih kreatif. Kata kunci : Model komunikasi, komunikasi verbal dan nonverbal, guru, membangun kreativitas, instruksional.