Daftar Isi:
  • Pelayanan akademik UIN Suska Riau merupakan pusat pelayanan utama yang bergerak dalam bidang akademik. Sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan, Pelayanan akademik dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang maksimal dan humanis. Pelayanan yang sering menimbulkan masalah adalah pelayanan secara langsung, hal ini dapat dipahami karena secara individual masingmasing orang memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga sikap yang diberikan bisa berbeda satu dengan yang lain. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Human Relations Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau dalam Pelayanan Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Human Relations Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam Pelayanan Akademik. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang dilakukan penelitian yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala bagian pelayanan akademik, kasubag layanan akademik, kasubag informasi akademik dan staff pelayanan akademik sebagai informan utama dan mahasiswa sebagai informan pelengkap, sementara observasi dan dokumentasi yang diperoleh sebagai sumber data sekunder. Hasil penelitian dari data dan wawancara yang telah dilakukan oleh penulis yaitu Implementasi Human Relations yang diterapkan oleh Pelayanan akademik secara internal sudah berjalan sesuai dengan kebijakan namun penerapan human relations terhadap proses pelayanan masih kurang maksimal dan masih terdapat beberapa ketidaksesuaian antara kebijakan dengan penerapannya yang diantaranya yaitu: Saling menerima (mutual acceptance), Standar moral yang tinggi (hight moral standar) dan Kepentingan bersama (Common interest). Kata Kunci : Implementasi, Human Relations, Pelayanan Akademik