Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya inovasi program polisi peduli masyarakat yang dinamakan program jum’at barokah. Program ini sangat sering dijumpai di media sosial seperti facebook dan instagram sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Binmas Polresta Pekanbaru dalam mensosialisasikan Program Jum’at Barokah. Penelitian ini berdasarkan unsur-unsur komunikasi yang baik menurut Lasswell yaitu komunikator, pesan, media, komunikan, dan feedback. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif. Informan pada penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari Kasat Binmas, Kanit Binpolmas dan Wakasat Binmas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Binmas Polresta Pekanbaru dalam mensosialisasikan program jum’at barokah sangat baik dan berjalan lancar tanpa suatu hambatan apapun. Komunikator memiliki peran besar dan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan strategi komunikasi Binmas Polresta Pekanbaru dalam mensosialisasikan program Jum’at Barokah. Pesan yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan sangat jelas dan tegas dalam mensosialisasikan program Jum’at barokah. Media yang digunakan adalah media cetak (koran, surat edaran), media elektronik (handphone), media sosial (facebook, whatsapp, instagram), media online (kabar riau, loker riau, akun pribadi personil), dan dengan melalui lisan. Komunikan memiliki peran besar dan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan strategi komunikasi Binmas Polresta Pekanbaru dalam mensosialisasikan program Jum’at Barokah. Feedback positif yang diterima oleh Binmas, yaitu feedback dari Mitra Kepolisian dan masyarakat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Program Jum’at Barokah