PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII2SMP MUHAMMADIYAH KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT
Main Author: | Hadiani Ulfi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2064/1/2012_2012140.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2064/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII2 SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah ”Bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII2 SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction, khususnya pada pokok bahasan Kubus dan Balok?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Siswa kelas VIII2 SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat yang berjumlah 26 orang, dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, kemudian peneliti menganalisis data tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Analisis ketuntsan berdasarkan indikator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan rata-rata sebagai berikut: indikator 1 = 21,3%, indicator 2 = 45,6%, indicator 3 = 48,3%, indicator 4 = 58,33%, indicator 5 = 34%, indicator 6 = 27,6%, indicator 7 = 49,3%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: indikator 1 = 778%, indicator 2 = 80,3%, indicator 3 = 79%, indicator 4 = 77%, indicator 5 = 78%, indicator 6 = 78%, indicator 7 = 77%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada aspek pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VII setelah tindakan. Dari analisis ketuntasan secara individual dari 26 siswa, diperoleh 24 siswa tuntas, 2 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 88 %.