PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS DAN PENGUNGKAPAN MEDIA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBIITY (CSR)STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris dan pengungkapan media terhadap corporate social responsibility padaperusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia dengan populasi 144 perusahaan Manufaktur Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia.Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling, sehingga di peroleh sampel sebanyak 50 perusahaan Manufaktur Yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia Indonesia tahun 2013-2016. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian t, uji f, dandeterminasi (R ). Hasil analisis data atauregresi linier berganda menunjukkan bahwa secara 2 parsial profitabilitas dan pengungkapan mediamemiliki pengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Sedangkan leverage dan ukuran dewan komisaris tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Secara simultan leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris dan pengungkapan mediaberpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, dan Pengungkapan Media.