PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs KOTA INTAN KECAMATAN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: YUSNITA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2054/1/2012_2012120.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2054/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inquiry untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Kota Intan Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, khususnya pada pokok kubus dan balok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana penerapan metode inquiry dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu pada pokok bahasan kubus dan balok?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa dan guru bidang studi matematika, sedangkan objeknya adalah pemahaman konsep matematika siswa dan penerapan metode inquiry. Pengambilan data dilakukan sebelum dan sesudah tindakan dengan menggunakan soal-soal kuis di akhir pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I, II, dan III adalah (55%), (65%), dan (75%). Hasil peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus III, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok melalui penerapan metode inquiry