Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan
Daftar Isi:
- Kepala Sekolah mempunyai peran sebagai Supervisor dalam meningkatkan Kinerja Guru, oleh karena itu harus betul-betul mengerti bantuan apa yang dibutuhkan oleh guru dalam melaksanakan dan meningkatkan kualitas profesionalismenya. Karena bisa berimbas pada mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan? (2) Bagaimanakah Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan? (3) Apakah ada Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan? Untuk menjawab masalah tersebut, maka data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, maka data tersebut di analisis mengunakan Metode Statistik Deskriptif dan Regresi Linear Sederhana, dengan perhitungannya menggunakan SPSS Windows Version 23.0. Setelah dilakukan analisis, maka kesimpulan yang diperoleh adalah pertama, Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan termasuk dalam kategori tinggi (sangat baik) dengan skor 107.00 dengan rata-rata sebesar 94,3264. Kedua, Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan termasuk dalam kategori tinggi (sangat baik) dengan skor 152.00 dengan rata-rata 135,6010. Ketiga, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan dapat dilihat dari analisis Regresi Linear Sederhana diketahui nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh Pelaksanaan Supervisi Kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembilahan, dan dapat dilihat dari kontribusi atau nilai Koefisien Determinasi (R 2 ) sebesar 0,7674 atau 76,74% dan 23,26% sisanya dipengaruhi oleh kontribusi lain. Kata kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru.