PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: LINDA MZ,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2043/1/2012_201283.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2043/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning ( PJBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 5 Rambah Hilir. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran PJBL dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan VII2 SMPN 5 Rambah Hilir dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, peneliti memberikan angket yang sama kepada kedua kelas. Angket yang sama bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang berbeda terhadap motivasi belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap motivasi belajar matematika dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap motivasi belajar matematika sangat bagus dengan persentase 80,20%. Dan sedangkan teknik analisis data untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang cukup signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, penulis menggunakan test “t”, yang dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang cukup signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.