Daftar Isi:
  • Rosa Sasrayani (2017) :Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengelola Pasar Terhadap Kepuasan Pedagang Pasar Senapelan Kecamatan Senapelan Pekanbaru di Tinjau Menurut Ekonomi Islam Skripsi ini berjudul :“PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENGELOLA PASAR TERHADAP KEPUASAN PEDAGANG PASAR SENAPELAN KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM”. Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya pelayanan pasar yang kurang memuaskan bagi pedagang di Pasar Senapelan Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang di Pasar Senapelan Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pedagang di Pasar Senapelan Kecamatan Senapelan Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Pasar Senapelan Pekanbaru, tepatnya di Jl. Ahmad Yani Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Senapelan Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang Pasar Senapelan yang berjumlah 238 orang dengan 37 orang sampel dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling (sampel kebetulan), dengan mengambil 37 orang pedagang yang paling mudah dijumpai atau yang dijumpai secara kebetulan. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Adapun langkah-langkahnya dengan cara mengumpulkan data untuk di tabulasikan, selanjutnya dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan hipotesis kemudian diolah dengan bantuan software SPSS 23. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan pengelola pasar terhadap kepuasan pedagang berpengaruh signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefesien korelasi sebesar 0,488 lebih besar dari nilai r tabel 0,324 (37:2) pada label signifikansi 5% (0,488 > 0,324), maka hubungan antara variabel kualitas pelayanan (X) terhadap (Y) kepuasan pedagang siginifikan. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Koofisien determinasi sebesar 0,238 artinya kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 23,8% terhadap kepuasan pedagang. Selanjutnya tinjauan ekonomi Islam terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pedagang di Pasar Senapelan Pekanbaru secara umum sudah sesuai dengan Ekonomi Islam, tetapi meskipun sudah sesuai pihak pengelola pasar harus bisa meningkatkan kualitas pelayanan, mulai dari segi sarana dan prasarana, kehandalan, empathy, serta daya tanggap dalam meningkatkan kepuasan pedagang.