PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 2 BANGKINANG

Main Author: SITI AMINAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2040/1/2012_201268.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2040/
ctrlnum 2040
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2040/</relation><title>PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION&#xD; TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR&#xD; MATEMATIKA SISWA KELAS VII&#xD; SMP N 2 BANGKINANG</title><creator>SITI AMINAH, </creator><subject>510 Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan&#xD; pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model&#xD; Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran&#xD; konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah &#x201C;Apakah terdapat&#xD; perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model PBI&#xD; dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?&#x201D;&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu peneliti&#xD; berperan sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP&#xD; Negeri 2 Bangkinang yang berjumlah 344 orang, sebagai sampel kelas eksperimen&#xD; dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini&#xD; adalah pemahaman konsep belajar matematika siswa.&#xD; Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar&#xD; observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini,&#xD; pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan&#xD; menggunakan model Problem Based Instruction dan satu pertemuan lagi&#xD; dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan&#xD; menggunakan rumus tes-t.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat&#xD; perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan pembelajaran&#xD; model Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran&#xD; konvensional.</description><date>2012-01-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2040/1/2012_201268.pdf</identifier><identifier> SITI AMINAH, (2012) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 2 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>2040</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SITI AMINAH,
title PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 2 BANGKINANG
publishDate 2012
topic 510 Matematika
url http://repository.uin-suska.ac.id/2040/1/2012_201268.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2040/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model PBI dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu peneliti berperan sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bangkinang yang berjumlah 344 orang, sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model Problem Based Instruction dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan pembelajaran model Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
id IOS7815.2040
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:27Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:27Z
recordtype dc
_version_ 1674821885340155904
score 17.538404