PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 2 BANGKINANG
Main Author: | SITI AMINAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2040/1/2012_201268.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2040/ |
ctrlnum |
2040 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/2040/</relation><title>PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION
TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS VII
SMP N 2 BANGKINANG</title><creator>SITI AMINAH, </creator><subject>510 Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model
Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat
perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model PBI
dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu peneliti
berperan sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Bangkinang yang berjumlah 344 orang, sebagai sampel kelas eksperimen
dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini
adalah pemahaman konsep belajar matematika siswa.
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar
observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini,
pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan
menggunakan model Problem Based Instruction dan satu pertemuan lagi
dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan
menggunakan rumus tes-t.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan pembelajaran
model Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional.</description><date>2012-01-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/2040/1/2012_201268.pdf</identifier><identifier> SITI AMINAH, (2012) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 2 BANGKINANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. </identifier><recordID>2040</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SITI AMINAH, |
title |
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION
TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS VII
SMP N 2 BANGKINANG |
publishDate |
2012 |
topic |
510 Matematika |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/2040/1/2012_201268.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2040/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model
Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat
perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model PBI
dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu peneliti
berperan sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Bangkinang yang berjumlah 344 orang, sebagai sampel kelas eksperimen
dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini
adalah pemahaman konsep belajar matematika siswa.
Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar
observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini,
pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan
menggunakan model Problem Based Instruction dan satu pertemuan lagi
dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan
menggunakan rumus tes-t.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan pembelajaran
model Problem Based Instruction dengan siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional. |
id |
IOS7815.2040 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:27Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821885340155904 |
score |
17.538404 |