FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK TAKAFUL BAITUNA DI PT. ASURANSI TAKAFUL UMUM CABANG PEKANBARU
Daftar Isi:
- Yulia Riska (2017) : “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK TAKAFUL BAITUNA DI PT. ASURANSI TAKAFUL UMUM CABANG PEKANBARU” , Latar belakang dalam masalah penelitian ini adalah, kurangnya minat masyarakat terhadap produk Takaful Baituna, padahal harganya sangat murah dan prosedurnya juga tidak sulit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk Takaful Baituna pada PT.Asuransi Takaful Umum Cabang Pekanbaru, bagaimana prosedur pembayaran klaim asuransi produk Takaful Baituna (Rumah Tinggal) pada PT.Asuransi Takaful Umum Cabang Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah pada produk Takaful Baituna pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Pekanbaru, serta untuk mengetahui bagaimana prosedur pembayaran klaim asuransi produk Takaful Baituna (Rumah Tinggal) pada PT.Asuransi Takaful Umum Cabang Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Pekanabaru. Populasi berjumlah 500 orang, pengambilan sampel ditentukan dengan rumus slovin yakni berjumlah 41 orang dengan teknik random sampling. Teknik dan cara pemgumpulan data dalam penelitian ini dengan mengunakan penyebaran angket, wawancara, sebagai data primer serta data pustaka sebagai data skunder. Subjek dalam penelitian ini karyawan dan nasabah Produk Takaful Baituna, sedangkan objek penelitiannya faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk Takaful Baituna pada Asuransi Takaful Umum Cabang Pekanbaru. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data dikumpulkan, maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dapat dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan diakhir penelitian ini bahwa prosedur yang terdapat di asuransi Takaful Umum mudah dan tidak menyulitkan bagi nasabahnya. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah secara berurutan ada 5 yaitu, faktor pelayanan, faktor kemudahan klaim asuransi, faktor harga, faktor lokasi, dan faktor promosi. Mengenai faktor yang mempengaruhi minat nasabah, kelima faktor yang telah disebutkan di atas mempengaruhi minat nasabah terhadap produk Takaful Baituna. Dimana faktor yang paling mempengaruhi adalah faktor pelayanan. Dan faktor yang kurang mempengaruhi adalah faktor promosi. Menurut Ekonomi Islam produk Asuransi Takaful Baituna telah sesuai menurut Ekonomi Syariah, karena tidak ditemukan adanya praktek yang bertentangan dengan syariah Islam.