PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANGKINANG

Main Author: MOLI NOVITA SARI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2035/1/2012_201265.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2035/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan PBI dalam pendekatan ATI dengan siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan ATI. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan PBI dalam pendekatan ATI dengan siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan ATI?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu peneliti menjadi observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bangkinang yang berjumlah 66 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan PBI dalam pendekatan ATI dan satu pertemuan lagi dilaksanakan re-teaching dengan tutor sebaya dan postes. Penelitian ini menggunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu melakukan tes IQ yang bertujuan dapat mengelompokkan siswa berdasarkan kelompok tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa yang menggunakan PBI dalam pendekatan ATI dengan siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan ATI.