Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Ibtidiyah se-Kota Batam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Daftar Isi:
- Supervisi kepala sekolah merupakan suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru dalam mempelajari tugasnya sehari-hari di sekolah, agar mereka dapat melaksanakan tugas mengajarnya lebih baik dan meningkatkan kinerja sebagai guru yang profesional.Tujuan penelitian ini adalah: (1).Mengetahui Peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Batam. 2). Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Batam. Jenis penelitian ini adalah Field research menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa dari obyek yang diteliti. Pengumpulan data menggunkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MI se Kota Batam,a) Kepala sekolah telah melakukan pengawasan terhadap proses belajar mengajar dengan baik.b) Kepala sekolah melakukan monitoring setiap hari kepada seluruh pesonil sekolah. c)Kepala sekolah selalu memberikan arahan dan pembinaan guna meningkatkan kompetensi guru. d) Kepala sekolah mendelegasikan tugas dan wewenang sebagai latihan tanggung jawab, dan melatih percaya diri. e) Kepala sekolah memperhatikan kesejahteraan pegawai sebagai agar guru bisa mencurahkan tenaga dan pikiranya bagi sekolah. 2.Faktor-faktor yang mempengaruhi peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MI se-Kota Batam yaitu: 1) faktor intern guru meliputi, pertama kemampuan guru dalam merencanakan dan membuat persiapan sebelum mengajar, baik itu menyiapkan RPP, sibus pembelajaran, penggunaan metode, maupun penguasaan materi yang akan diajarkan kedua seorang guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, baik mengetahui keadaan siswa, karakteristik siswa, maupun strategi pembelajaran. Ketiga seorang guru harus memiliki kemampuan mengevaluasi hasil proses belajar agar guru mengetahui kelemahan dari proses belajar mengajar, baik itu mengevaluasi ketepan penggunaan metode pembelajaran, maupun strategi yang digunakan. 2) Faktor ektern meliputi, yang mempengaruhi peran supervisi dalam meningkatkan kinerja guru, pertama kelengkapan sarana dan prasarana dan alat-alat yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar, kedua kepemimpinan manajerial kepala sekolah, ketiga supervisi pembelajaran, keempat lingkungan kerja yang harmonis dan nyaman dan kelima kesejahteraan guru harus diperhatikan. Kata kunci: Peran Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru