Daftar Isi:
  • Media massa secara teoritis memiliki fungsi sebagai saluran penyampaian informasi atau pesan kepada khalayak, informasi yang disampaikan oleh media akan mempunyai pandangan berbeda-beda di setiap masyarakat, baik itu dalam bentuk pandangan yang positif maupun negatif. Dalam perkembangannya untuk lebih diminati masyarakat program berita Patroli Indosiar sebagai program berita kriminalitas, bencana alam dan pelanggaran lalu lintas, mengemas program acaranya dengan menghadirkan segmen Jeng Patrol yang dibawakan oleh pembawa acara wanita dengan tidak memperlihatkan wajahnya ke kamera dan membelakangi kamera dalam setiap membawakan acara. Jeng Patrol mempunyai keunikan tersendiri, berbeda dengan acara yang lain dan mempunyai tujuan dan kegunaan yang cukup jelas untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap segmen Jeng Patrol dalam program acara Patroli Indosiar di Perumahan Utama Permai RT 03 RW 05 Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 45 KK dengan jumlah sampel keseluruhan dari populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka adanya persepsi baik dari masyarakat di Perumahan Utama Permai terhadap segmen Jeng Patrol dilihat dari indikator perhatian, pengertian dan penerimaan. Berdasarkan indikator perhatian dikategorikan baik dengan persentase 73,65%, indikator pengertian dikategorikan baik dengan persentase 75,61% dan indikator penerimaan dikategorikan baik dengan persentase 74,22%. Sehingga rekapitulasi akhir tentang persepsi masyarakat berada dalam kriteria baik dengan persentase 74,37%. Kriteria baik pada persepsi masyarakat tersebut diartikan bahwa masyarakat menerima dengan baik segmen Jeng Patrol dalam program acara Patroli Indosiar. Kata Kunci : Persepsi, Media Massa, Masyarakat.