Daftar Isi:
  • Pada kondisi sekarang ini sering kali khalayak khusunya remaja dibentuk oleh pesan media massa gambaran realita yang di tampilkan oleh sinetron dan film kemudian membentuk persepsi terhadap sebagian orang tentang cara memandang dunia nyata. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan literasi media siswa SMK Ibnu Taimiyah dalam memaknai tayangan sinetron anak jalanan di RCTI. Dimana literasi media merupakan kemampuan mengakses, menganalisa dan mengevaluasi media televisi, dengan demikian mereka dapat memahami pesan kompleks dalam tayangan televisi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 di SMK Ibnu Taimiyah dengan jumlah sample 60 Orang yang dipilih dengan menggunakan rumus Taro Yamane dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Secara keseluruhan dapat disimpulkan kemampuan literasi media siswa SMK Ibnu Taimiyah mengenai kemampuan siswa SMK Ibnu Taimiyah Hangtuah dalam mengakses, menganalisa, dan mengevaluasi tayangan sinetron anak jalanan di RCTI mencapai angka 65,25% berada dalam kategori baik yang menunjukkan ada sebagian yang sudah mempunyai kemampuan dan ada yang belum mempunyai kemampuan literasi media dalam memaknai tayangan Sinetron Anak Jalanan di RCTI. Kata Kunci : Literasi Media, Sinetron Anak Jalanan