Daftar Isi:
  • Penelitian ini mempunyai tiga rumusan permasalahan yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan pada kemampuan membaca siswa sebelum diajarkan dengan strategi printed mass media antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, apakah ada pengaruh yang signifikan pada kemampuan membaca siswa setelah diajarkan dengan strategi printed mass media antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan apakah ada pengaruh yang signifikan antara nilai pre-test dan posttest di kelas eksperimen di Sekolah Menengah Atas 1 Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 221 siswa. Mempertimbangkan jumlah populasinya sangat banyak, peneliti yang hanya mengambil dua kelas sebagai sample; XI IPA1 yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelompok experimen, dan XI IPA3 yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Jadi, jumlah sample dari dua kelas tersebut adalah 64 siswa. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus Independent sample T-test dan Eta Squared melalui SPSS versi 20. Jenis penelitiannya adalah Quasi-Experiment. Setelah menganalisa data, peneliti menemukan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi printed mass media pada pemahaman membaca siswa dalam teks naratif di SMA N 1 Pasir Penyu. Dimana to menunjukkan 4.623 pada level signifikan 5% adalah 2.00, dan pada level 1% adalah 2.66. Ini bisa ditunjukkan dengan 2.00<4.623>2.66. Signifikannya adalah was 0.000 < 0.05. Jadi, null hypothesis (Ho) ditolak, dan alternative hypothesis (Ha) diterima. Kata Kunci: Strategi Media Print, Pemahaman Membaca, Teks Naratif