Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan interpersonal siswa berprestasi sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Populasi Penelitian ini sebanyak 280 siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru namun penelitian ini dilakukan secara sampel kepada 10 siswa berprestasi yang mengalami masalah tentang hubungan interpersonal dari hasil sosiometri. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah sosiometri, angket dan dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan SPSS For Windows Release 17.00. adapun untuk Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan interpersonal siswa berprestasi sebelum diberikan layanan informasi berada dikategori sedang dengan rata-rata 104.4 dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok hubungan interpersonal siswa berprestasi mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 132.5, maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa berprestasi yang dilihat dari angka probalitas Asyimp. Sig (2-tailed) 0.0005<0.05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Bimbingan Kelompok, Hubungan Interpersonal, dan Berprestasi