Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Kooperatif tipe Think Pair Share yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kateman. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-2 dan objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Kooperatif tipe Think Pair Share dinyatakan kategori valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,61%. Berdasarkan uji praktikalitas, Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Kooperatif tipe Think Pair Share dinyatakan kategori praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 89,1%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis, Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan Kooperatif tipe Think Pair Share sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 85,07% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis.