Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik yang valid, praktis, dan mampu memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta peserta didik kelas VII A3 MTs Darul Hikmah Pekanbaru dan objek penelitian adalah media komik dan kemampuan representasi matematis peserta didik. Perolehan data melalui proses validasi oleh validator, angket praktikalitas untuk peserta didik dan tes kemampuan representasi matematis peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar angket praktikalitas dan soal tes kemampuan representasi matematis. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik telah teruji dengan tingkat kevalidan 88,29% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 86,15% (sangat praktis) serta tingkat kemampuan representasi matematis peserta didik dengan nilai rata-rata 83 (tinggi). Berdasarkan hasil tersebut mengidentifikasi bahwa media komik yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan tingkat kemampuan representasi matematis peserta didik yang tinggi. Kata Kunci: Media Komik, Kemampuan Representasi Matematis