PENGARUH PEMBENTUKAN SIKAP EMPATI OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap empati siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru yang telah baik, namun kecenderungan berpikir kritis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana sikap empati siswa 2) Bagaimana kecenderungan berpikir kritis siswa 3) Pengaruh yang signifikan antara pembentukan sikap empati oleh guru bimbingan dan konseling terhadap kecenderungan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA dan X IIS yang berjumlah 314 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh antara pembentukan sikap empati oleh guru bimbingan dan konseling terhadap kecenderungan berpikir kritis siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah nomor 1 dan 2 menggunakan rumus P = x 100% , sedangkan rumusan masalah nomor 3 menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sikap empati siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru tergolong tinggi yakni sebesar 75,55%. Kecenderungan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru tergolong tinggi yakni sebesar 63,87%. Ada pengaruh yang signifikan antara pembentukan sikap empati oleh guru bimbingan dan konseling terhadap kecenderungan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru yakni sebesar 0,597 dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari > pada taraf signifikan 5% dan 1% ( 0,232 <0,597> 0,302 ). Besar persentase pengaruh pembentukan sikap empati oleh guru bimbingan dan konseling terhadap kecenderungan berpikir kritis siswa sebesar 32,4% sedangkan sisanya sebesar 67,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Sikap empati siswa, kecenderungan berpikir kritis siswa