Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh teman sebaya terhadap perilaku sosial siswa dalam bimbingan kelompok di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa, sedangkan objek penelitian adalah pengaruh teman mengikuti layanan bimbingan kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 358 orang. Berhubung populasi cukup besar, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan pengambilan sampel dengan teknik Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 78 orang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teman sebaya terhadap perilaku sosial siswa dalam layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 10 Pekanbaru dianalisis secara statistic dengan teknik regresi linier sederhana setelah data yang diperoleh di lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan antara teman sebaya mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku sosial siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru yakni sebesar 0,517 dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini di peroleh dari r observasi > r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,217 <0,517> 0,283). Besar persentase pengaruh teman sebaya mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku sosial siswa sebesar 26,8% sedangkan sisanya 73,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini