PENGARUH RASA PERCAYA DIRI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH MASMUR PEKANBARU
Daftar Isi:
- Rasa percaya diri merupakan sebuah kekuatan atau kemampuan yang tumbuh dalam diri seseorang terhadap dirinya sendiri, karena rasa percaya diri memiliki hubungan besar terhadap proses belajar mengajar, terutama dalam hal aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Rasa percaya diri siswa di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru 2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru 3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan sejak awal bulan Pebruari sampai dengan akhir bulan Maret 2017. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Sedangkan objek penelitiannya adalah rasa percaya diri dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX Madrasah Tsanawiyah Masmur yang berjumlah 244 orang. Dalam penelitian ini penulis mengadakan penarikan sampel sebesar 25% dengan jumlah sampel 61 orang siswa yang dilakukan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Data rasa percaya diri dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fikih dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka dapat disimpulkan: 1) Rasa percaya diri siswa di MTs Masmur Pekanbaru pada Mata Pelajaran Fikih tergolong sangat tinggi, dengan persentase 83,87%. 2) Aktivitas Belajar siswa pada mata pelajaran Fikih tergolong baik, dengan persentase 76,15% 3) Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Tingkat korelasi antara kedua variabel adalah 0.487. Pengaruh rasa percaya diri terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Masmur Pekanbaru sebesar 23,70%, sedangkan 76,30% lainnya dipengaruhi oleh variable lain. Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi rasa percaya diri maka semakin baik aktivitas belajar siswa, sebaliknya semakin rendah rasa percaya diri maka semakin tidak baik aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih