Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten terhadap kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Babussalam Pekanbaru. Jenis penelitian ini kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas X yang tergolong kedalam tingkat kesulitan belajar yang tinggi dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten terhadap kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Babussalam Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X yang berjumlah 88 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik korelasi regresi linier sederhana. Berdasarkan teknik korelasi regresi linier sederhana dengan dibantu program SPSS 21.0 diperoleh nilai hitung sebesar 0,773. Pada taraf signifikan 5% = 0,349% dan pada taraf 1% = 0,449%. Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten terhadap kesulitan belajar siswa sebesar 59,7% sedangkan sisanya 40,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten terhadap kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Babussalam Pekanbaru.