PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru serta ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa dan Siswi kelas XI MAN 1 Pekanbaru, sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah Keaktifan Mengikuti Bimbingan Belajar ( Variabel X ) dan Prestasi Belajar Siswa adalah ( Variabel Y ). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 351 orang siswa sedangkan menjadi sampel sebesar 15 % dari Populasi yaitu 53 orang siswa penarikan sampel di gunakan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, Observasi, Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis keaktifan mengikuti bimbingan belajar dan prestasi belajar data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan program SPSS 16. Dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan antara Keaktifan Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data yang diperoleh yaitu sebesar nilai r hitung = 0.394 dengan nilai probabilitas 0,000. Karena p<0.05(0,000<0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, keaktifan, mengikuti bimbingan belajar, prestasi belajar siswa